35 Fakta Menarik Tentang Lumba-Lumba yang Harus Kamu Ketahui!

35 Fakta Menarik Tentang Lumba-Lumba yang Harus Kamu Ketahui!


Lumba-lumba adalah mamalia cerdas yang biasa hidup di lautan, walaupun ada sedikit yang hidup di air tawar. Hewan ini dikatakan cerdas karena memiliki otak yang lumayan besar dibandingkan hewan lain. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang lumba-lumba:

1). Saat manusia menarik nafas, mereka hanya menggantikan 15% udara di paru-paru dengan udara yang segar. Saat lumba-lumba menarik nafas, mereka menggantikan 90% udara di paru-paru dengan udara yang segar.

2). Spesies lumba-lumba (Dusky dolphin dan Spinner dolphin) bisa melompat lebih dari 20 kaki di udara.

3). Lumba-lumba tertidur dengan setengah otak yang masih aktif dan satu mata yang terbuka.

4). Lumba-lumba bisa mengenali dirinya sendiri di cermin, dan mereka suka mengagumi diri mereka sendiri.

5). Membunuh lumba-lumba pada zaman Yunani Kuno dianggap sewenang-wenang dan akan dihukum mati. Karena orang Yunani menganggap lumba-lumba adalah ikan yang suci.

6). Ada 40 spesies lumba-lumba di dunia ini.

7). Seekor lumba-lumba berkepala dua pernah ditemukan di Turki bagian barat pada tahun 2014.

8). Lumba-lumba memiliki memori paling panjang dibandingkan hewan lain.

9). Walaupun lumba-lumba hidup di lautan, tetapi mereka sangat alergi terhadap air laut. Jika mereka tidak sengaja meminumnya, maka mereka akan sakit parah.

10). Dengan ekolokasi (sonar yang dimiliki lumba-lumba), lumba-lumba dapat membedakan bola baja berdiameter 2,5 inci dan bola baja yang berdiameter 2,25 inci.

11). Seekor bayi lumba-lumba harus belajar menahan nafas saat menyusui.

12). Lumba-lumba mendapatkan air dari makanan yang mereka makan, sehingga mereka tidak minum.

13). Semakin besar ukuran lumba-lumba, maka semakin lama umurnya.

14). Seekor lumba-lumba menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan menahan nafas.

15). Lumba-lumba dapat menggerakkan setiap matanya ke atas, ke bawah, ke depan, ke belakang, sehingga memberi mereka hampir 360 derajat penglihatan.

16). Seekor lumba-lumba seberat 118 kg dapat makan sekitar 15 kg ikan setiap harinya tanpa menambah berat badan.

17). Menyentuh atau memberi makan lumba-lumba di perairan Amerika Serikat adalah ilegal.

18). Beberapa ilmuwan berpikir bahwa lumba-lumba bisa menggunakan suara bernada tinggi untuk menyetrum atau melumpuhkan ikan saat berburu.

19). Musuh paling berbahaya untuk lumba-lumba adalah manusia.

20). Gigi lumba-lumba digunakan untuk mengenggam, bukan mengunyah. Mereka tidak memiliki otot rahang untuk mengunyah.

21). Pada tahun 2006, Baiji (lumba-lumba Sungai Yangtze) secara sah dikatakan telah punah.

22). Lumba-lumba tidak dapat berenang mundur, yang membuat mereka sulit lolos dari jaring ikan.

23). Lumba-lumba hidung botol adalah jenis lumba-lumba paling umum dan dikenal banyak orang.

24). Lumba-lumba bisa membunuh hiu dengan hidung mereka. Mereka mungkin akan mengelilingi hiu untuk mengkoordinasikan serangan.

25). Lumba-lumba tidak memiliki indera penciuman, tetapi mereka memiliki indera perasa, yang membuatnya bisa membedakan antara rasa manis, pahit, asin, dan asam.

26). Lumba-lumba, pesut, dan paus adalah mamalia yang disebut cetacea, yang berasal dari kata Yunani yang berarti "monster laut".

27). Paus pembunuh atau paus orca bukanlah tergolong dalam keluarga paus. Mereka adalah spesies yang tergolong dalam keluarga lumba-lumba.

28). Lumba-lumba bisa berenang hingga 30 mil (48,3 km) per jam.

29). Lumba-lumba dikenal sebagai penyelam yang hebat. Sebagai makhluk laut, mereka bisa menyelam hingga 1.000 kaki di bawah air.

30). Lumba-lumba memiliki 2 perut. Satu digunakan untuk menyimpan makanan, dan yang satunya lagi digunakan untuk pencernaan.

31). Lumba-lumba adalah salah satu hewan yang bisa menggunakan alat. Mereka menggunakan spons laut yang rusak untuk melindungi hidung mereka saat mencari makanan.

32). Spesies lumba-lumba terbesar adalah paus pembunuh, sedangkan spesies lumba-lumba terkecil adalah Hector dan Maui, yang sampai saat ini hanya tersisa 150.

33). Lumba-lumba dan pesut walaupun hampir sama, tetapi sebenarnya berbeda. Pesut memiliki moncong yang lebih pendek dibandingkan lumba-lumba. Pesut juga memiliki gigi berbentuk sekop, sedangkan lumba-lumba memiliki gigi berbentuk kerucut.

34). Lumba-lumba memiliki kulit yang sangat halus yang membuatnya mudah terluka. Tetapi walau seperti itu, mereka memiliki atribut penyembuhan yang sangat cepat, bahkan luka terdalam pun bisa disembuhkan dalam waktu yang singkat.

35). Lumba-lumba adalah hewan yang altruistik. Mereka diketahui sering membantu lumba-lumba lain yang terluka, bahkan membantu mereka ke permukaan untuk bernafas. Tidak hanya untuk sesamanya saja, ada banyak laporan yang menyatakan tentang lumba-lumba yang membantu manusia dan bahkan paus.
Baca Juga
SHARE
Ixzy D. wind
Kalau Lapar, Makanlah.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment