bm7P278yO5KivMLAMU2IZpFRTRzXpSsp8Is01ZD4
10 Daftar Hewan Dengan Umur Terpanjang dan Terlama

Iklan Billboard 970x250

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

10 Daftar Hewan Dengan Umur Terpanjang dan Terlama

Banyak hewan yang jarang sekali mendapatkan usia yang panjang, dikarenakan tingkat kematian yang sangat tinggi disebabkan banyak hal seperti penyakit, predator, cucaca yang buruk, perusakan habitat, atau persaingan dengan hewan lain. Berikut adalah 10 daftar hewan dengan usia terpanjang dan terlama:

10). Tuatara (100-200 Tahun)

Tuatara adalah suatu hewan reptilia yang mirip dengan kadal, tetapi mereka bukanlah kadal. Diperkirakan sampai saat ini, hanya ada 2 jenis tuatara yang masih hidup yaitu Sphenodon guntheri dan Sphenodon punctatus. Hewan ini adalah satu-satunya anggota yang masih hidup dari ordonya Rhynchocephalia, yaitu bangsa reptil yang berkembang 200 juta tahun yang lalu. Mereka juga termasuk vertebrata dengan umur terpanjang yaitu dengan beberapa individu yang hidup sampai 100 dan 200 tahun.

9). Rougheye Rockfish (205 Tahun)

Rougheye Rockfish (Sebastes auletinaus) adalah ikan yang biasanya hidup di Samudra Pasifik, dan biasanya ditemukan pada kedalaman 560-2.200 kaki. Ikan ini mampu hidup sampai 205 tahun. Cara menentukan umur ikan ini yaitu ditentukan dengan menghitung jumlah lapisan kalsium pada otolith, sebuah cara yang sama untuk menghitung umur pohon lewat jumlah lingkaran tahun pada batang.

8). Cacing Lamellibrachia luymesi (170-250 Tahun)

Makhluk laut dalam ini adalah Lamellibrachia luymesi, yaitu sejenis spesies cacing tabung dari famili Siboglinidae. Hewan ini dikenal dapat hidup selama 170 tahun, namun banyak ilmuwan yang percaya ada beberapa yang telah hidup sampai 250 tahun.

7). Red Sea Urchin (Lebih dari 200 Tahun)

Red Sea Urchin (Bulu Babi Merah) atau Strongylocentrus franciscanus, hanya bisa ditemukan di Samudra Pasifik, terutama di sepanjang Pantai Barat Amerika Utara. Mereka biasa hidup di perairan dangkal. Hewan ini bisa hidup lebih dari 200 tahun.

6). Paus Kepala Busur (211 Tahun)

Paus kepala busur adalah mamalia terbesar kedua setelah Paus biru, tinggal di perairan Arktik dan sub-Arktik. Paus ini biasa dikenal sebagai Paus Greenland atau Paus Arktik. Hewan ini adalah mamalia yang memiliki umur terpanjang di dunia. Paus kepala busur tertua yang pernah diketahui pernah hidup sampai 211 tahun.

5). Ikan Koi (226 Tahun)

Ikan Koi adalah ikan khas Jepang yang termasuk ikan mas (Cyprnius carpio). Ikan ini biasanya dipelihara dalam kolam batu buatan atau kolam dekoratif, yang katanya jika dipelihara akan membawakan keberuntungan. Beberapa jenis Ikan Koi mampu hidup lebih dari 200 tahun. Ikan Koi tertua yang pernah diketahui adalah Hanako, ikan yang mati pada usia 226 tahun.

4). Kura-Kura (175-250 Tahun)

Kura-kura adalah hewan reptil berkaki empat yang biasanya diketahui dapat hidup lama. Seekor kura-kura Galapagos bernama Harriet, mati karena gagal jantung pada usia 175 tahun. Lalu ada lagi, Kura-kura raksasa Aldabra bernama Adwaita mati pada umur 250 tahun.

3,5). Hiu Greenland (200-400 Tahun)

Hiu Greenland atau biasa dijuluki Hiu abu-abu ini biasa ditemukan di Samudra Atlantik dan Arktik. Hiu ini bisa hidup mencapai umur 200 tahun, walaupun ada satu individu ditemukan berumur 400 tahun, yang menjadikan1ya vertebrata tertua di dunia.

3). Kerang Ocean Quahog (400-507 Tahun)

Ocean Quahog (Arctica islandia) adalah sejenis kerang yang hidup di Samudra Atlantik bagian utara, yang dieksploitasi secara komersial. Beberapa spesimen yang dikumpulkan, kerang ini dapat hidup sampai lebih dari 400 tahun. Quahog tertua yang pernah diketahui ialah "Ming", yang dapat hidup sampai 507 tahun.

2). Antarctic Sponge (1.550 Tahun)

Mungkin karena suhu laut Antartika yang sangat rendah, menyebabkan makhluk yang tidak bergerak ini memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat lambat. Antartic Sponge tertua yang diketahui pernah hidup sampai 1.550 tahun.

1). Ubur-Ubur Turritopsis nutricula (Abadi)

Spesies hewan yang bisa ditemukan di laut Mediterania memiliki regenerasi yang unik. Jadi ketika dia kelaparan, terluka, atau terancam dia akan menempelkan dirinya ke permukaan laut yang hangat dan menjadikan tubuhnya gumpalan-gumpalan. Secara biologis ia dapat hidup abadi, tetapi ia tidak dapat hidup abadi selamanya dikarenakan ia bisa saja dimakan hewan lain.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment