bm7P278yO5KivMLAMU2IZpFRTRzXpSsp8Is01ZD4
10 Daftar Hewan Terbau di Dunia yang Harus Kamu Tahu!

Iklan Billboard 970x250

Free Download Blogger Template High CTR AdSense

10 Daftar Hewan Terbau di Dunia yang Harus Kamu Tahu!

Banyak hewan di dunia ini yang mengeluarkan bau busuk mungkin untuk mekanisme pertahanan diri. Jika merasa terancam akan melepaskan semprotan bau yang berbahaya yang akan menghalangi pemangsanya. Berikut adalah 10 daftar hewan terbau di dunia yang harus kamu tahu!

10). Burung Hoatzin (Stink Bird)

Burung Hoatzin atau juga dikenal dengan sebutan "Stink Bird" adalah burung tropis yang ditemukan di Amazon dan Delta Orinoco di Amerika Selatan. Ia hanya memakan daun seumur hidupnya. Burung Hoatzin menggunakan fermentasi bakteri untuk mencerna makanannya, dan karena senyawa aromatik pada daun yang mereka makan dikombinasikan dengan proses fermentasi. Burung Hoatzin menghasilkan bau yang tidak sedap dan menyengat seperti bau pupuk kandang.

9). Kaki Seribu (Milipede)

Kaki Seribu adalah hewan mirip cacing yang termasuk dalam filum Arthropoda, kelas Myriapoda. Ketika kaki seribu merasa dalam bahaya, mereka akan meringkuk menjadi spiral, dan melepaskan cairan berbau menjijikkan yang menghalangi hewan yang memangsanya. Ada satu spesies kaki seribu yaitu jenis Apheloria virginiensis yang mengeluarkan hidrogen sianida yang berbahaya.

8). Striped Polecat

Striped Polecat adalah hewan yang termasuk anggota keluarga musang (Mustelidae). Hewan ini akan mengeluarkan semprotan berbau busuk seperti sigung untuk menghindari predatornya. Ada beberapa laporan yang menunjukkan bahwa bau busuknya bisa tercium sampai setengah mil jauhnya.

7). The Lesser Anteater

The Lesser Anteater atau Tamandua adalah hewan pemakan semut yang mirip trenggiling. Hewan ini dapat mengeluarkan bau busuk yang sangat parah dan lebih kuat dari sigung. Bau busuk ini dapat dicium hingga 50 meter jauhnya.

6). Tasmanian Devil

Tasmanian Devil adalah hewan karnivora yang hanya bisa ditemukan di negara bagian pulau Tasmani di Australia. Hewan yang agak mirip anjing ini dapat mengeluarkan bau yang sangat busuk saat mereka berada dalam tekanan untuk membantu melindungi lingkungan mereka. Tetapi saat hewan ini tenang dan rileks mereka sama sekali tidak bau.

5). Musk Ox

Musk Ox adalah hewan mamalia anggota keluarga Bovidae yang memiliki habitat asli di kawasan Arktik, namun banyak ditemukan di Alaska, Norwegia, Swedia, Siberia, Kanada, dan Greenland. Hewan ini mengeluarkan bau yang khas dari air kencing mereka. Bau ini hanya diproduksi oleh jantan dan digunakan untuk menandai wilayah mereka selama musim kawin. 

4). Stink Bug

Stink Bug berasal dari China, Korea, Jepang, dan Taiwan. Tetapi, hewan ini sekarang ditemukan hampir setiap wilayah Amerika Serikat setelah diperkenalkan secara tidak sengaja. Mereka mendapatkan nama tersebut dari bau bahan kimia yang sangat tidak enak yang dihasilkan dari kelenjar di perut mereka saat diancam.

3). Wolverine

Wolverine yang dimaksud bukan tokoh dalam serial X-men, tetapi hewan karnivora yang biasa dijuluki beruang sigung atau hewan yang rakus. Wolverine adalah anggota keluarga musang yang pemalu, sehingga jarang terlihat manusia. Hewan ini memiliki kelenjar yang mengeluarkan cairan busuk yang mereka gunakan untuk menandai wilayah mereka. Wolverine juga akan menyemprotkan cairan busuk ini pada makanan sisa mereka dan menguburkannya. Hal ini tidak hanya membantu mereka untuk menemukan makanannya, tetapi juga untuk menghalangi hewan lain untuk memakannya.

2). Kumbang Bombardir (Bombardier Beetle)

Saat hewan ini terganggu, mereka akan mengeluarkan semprotan kimia berbahaya dari ujung perut mereka. Kumbang ini menyimpan dua bahan kimia yang terpisah dalam tubuhnya, yaitu hidroquinone dan hydrogen peroxide. Jika bahan kimia tersebut dicampurkan dengan beberapa enzim khusus maka akan menghasilkan cairan berbau busuk yang memiliki suhu 100 derajat celcius. Kumbang ini dapat menyemprot sampai 4 kali panjang tubuhnya, dan cairan ini dapat menyakitkan bagi kulit manusia.

1). Sigung

Siapa yang tidak tahu hewan ini? Sigung adalah hewan mamalia berwarna hitam putih yang akan mengeluarkan semprotan berbau busuk untuk perlindungannya. Cairan yang berbau busuk ini adalah campuran bahan kimia sulfat yang bisa disemprotkan akurat pada jarak hingga 3 meter. 
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment